Pengelolaan Dana Desa Untuk Kesejahteraan Masyarakat

dana desa, pengelolaan dana desa, kesejahteraan masyarakat, pemberdayaan masyarakat, saatnya desa maju, desa makmur, tujuan dana desa, kemenkeu, kemenkeu ri,

DANA DESA UNTUK KESEJAHTERAAN

Pengelolaan Dana Desa Untuk Kesejahteraan MasyarakatDana desa adalah dana APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara ) yang diperuntukan bagi desa yang ditransfer melalui APBD kabupaten atau kota dan diprioritaskan untuk pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.

Sebagai salah satu warga desa di Jawa Tengah tentunya menginginkan desanya berkembang maju baik dari segi sosial ekonomi maupun segi pendidikan dan modernisasi. Hal ini tentunya butuh proses dan dukungan yang positif dari masyarakat desanya dan juga pemerintah, baik dari pemberian dana desa sampai pendampingan pengelolaan dana desa sehingga tidak ada kesalahan administrasi yang disebabkan oleh aparat desa.

dana desa, pengelolaan dana desa, kesejahteraan masyarakat, pemberdayaan masyarakat, saatnya desa maju, desa makmur, tujuan dana desa, kemenkeu, kemenkeu ri,
Pengelolaan Dana Desa Untuk Kesejahteraan Masyarakat

Pemerintah sangat komitmen dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, hal ini ditandai dengan kenaikan alokasi dana desa di beberapa tahun kebelakang, termasuk rencana kenaikan alokasi dana desa tahun 2019 menjadi sekitar Rp 75 triliun dari Rp 60 Triliun  untuk seluruh desa di Indonesia.

Dana desa harus tingkatkan kesejahteraan masyarakat. Desa harus memiliki perencanaan yang baik dalam mengalokasikan dana desa.  Prioritas pengunaan dana desa untuk pembangunan infrastruktur dan parit. Prinsip penggunaan dana desa haruslah transparan, swakelola dan keadilan. Akan tetapi masih ada beberapa desa yang belum transparansi dalam pengelolaan dana desa. Hal ini bisa jadi disebabkan pengelolaan dana desa masih jauh dari pengawasan pihak instansi yang kompeten seperti BPK dan KPK atau penyampaian informasi dari aparat desa ke masyarakat yang masih sangat kurang.

Menurut beberapa penduduk desa  pengelolaan dana desa adalah hal yang cukup cukup sensitif untuk dibahas, walau kedepannya penduduk desa menginginkan transparansi dalam pengelolaan dana desa, sehingga tidak ada rasa kecurigaan yang tidak baik terhadap aparat desa. Sebagian masyarakat desa sendiri banyak yang tidak mengetahui dana desa dipergunakan untuk apa dan merasa tidak ada perkembangan yang signifikan di desanya, bahkan ada beberapa yang mempertanyakan kenapa untuk beberapa kegiatan desa masyarakat desa masih harus di tarik iuran.

Tetapi ada juga beberapa penduduk yang mengetahui pengelolaan dana desa untuk pemebrdayaan masyarakat seperti PAUD, pengadaan rumah baca dan membangun jalan serta pondasi pinggir jalan, walau sampai saat ini masih belum merata. Sedangkan penarikan iuran kepada masyarakat desa menurut beberapa penduduk merupakan hal yang wajar karena hal tersebut merupakan salah satu bentuk kontribusi masyarakat desa untuk kemajuan desa tempat tinggalnya. Bentuk kontribusi masyarakat dalam pengelolaan dana desa yakni memberikan ide, tenaga dan harta benda.

TUJUAN DANA DESA

Menurut landasan hukum UU No.6 tahun 2014 tentang desa, tujuan dana desa ada lima, yakni :

  1. Meningkatkan pelayanan publik di desa.
  2. Mengentaskan kemiskinan
  3. Memajukan perekonomian desa
  4. Mengatasi kesenjangan pembangunan antar desa
  5. Memperkuat masyarakat desa sebagai subjek pembangunan

Salah satu hal yang sangat dibutuhkan untuk mensejahterakan masyarakat dalam membangun desa adalah terjalinannya hubungan yang baik dan kuat antara aparat desa dengan masyarakat desa, agar tercipta kerjasama dalam mewujudkan apa-apa yang di cita-citakan oleh masyarakat desa demi kemajuan desa tempat tinggalnya. Pembangunan desa tidak mungkin dilakukan oleh aparat desa sendiritetapi juga butuh dukungan aktif dari masyarakat desa.

SAATNYA DESA MAJU

Era globalisasi saat ini seluruh bidang diminta untuk dapat memperkuat sistem digitalisasi.  Agar masyarakat desa  juga dapat berkembang maju mengikuti zaman digitalisasi saat ini akan lebih baik didirikan rumah baca atau perpustakaan desa  yang memiliki wi-fi gratis seperti di beberapa kota besar. Sehingga penduduk desa dapat memanfaatkan sumber informasi  baik secara offline seperti membaca buku, surat kabar harian dan papan informasi. Juga secara online dengan adanya jaringan internet yang kuat agar penduduk desa dapat mengakses informasi ataupun berkarya dan berniaga.

Masyarakat desa yang ingin mengetahui seputar dana desa, Kementrian Keuangan Republik Indonesia sudah memiliki buku pintar yang dapat diakses secara online di www.kemenkeu.go.id 

 

Facebook Comments

9 Comments on “Pengelolaan Dana Desa Untuk Kesejahteraan Masyarakat”

  1. Dana desa memang sangat membantu masyarakat, Kak. Banyak wisata di desa maju karena dana desa. Tetapi banyak juga yang belum memanfaatkan dengan baik. Semoga semua desa bisa maju. Terutama pendidikan dan ifrastuktur biar bisa bekometisi.

  2. It is common to obtain the ornamental painting and sculptures with
    shapes depicting an interesting mix of different components from the artist’s religious, physical and cultural
    background. If this is a question of yours too, then you should learn about the best techniques to procure such things.
    The gallery also serves enormous events from all regions of the globe.

  3. dana desa di tempat kampung saya sering diperbutkan para pengurusnya… dan tiap sebulan atau tiap ada musrembang selalu diupdate beritanya dan kita juga bisa ikut ngemgawasinya.

    sudah bisa dipantau sih, tapi sebatas yang ikut musrembang saja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *